cover
Contact Name
Dida Firmansyah
Contact Email
dfirmansyah86@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalparole012018@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota cimahi,
Jawa barat
INDONESIA
Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia)
ISSN : 2614624X     EISSN : 26146231     DOI : -
Core Subject : Education,
Focus of Parole journal is a media for diseminating the result of research about language, literature, and language and literature education in Indonesia. Scope of Parole journal publishes the research article in language, literature, language and literature education in Indonesia.
Arjuna Subject : -
Articles 2 Documents
Search results for , issue " Vol 1, No 1 (2018): Volume 1 Nomor 1, Januari 2018" : 2 Documents clear
ANALISIS FRAMING ROBERT ENTMAN PADA PEMBERITAAN ISU HOAK SARACEN DI REPUBLIKA.CO.ID DAN KOMPAS.COM Ramdani, Dani; Wahyudin, Yuyun
Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) Vol 1, No 1 (2018): Volume 1 Nomor 1, Januari 2018
Publisher : IKIP Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22460/p.v1i1p63-78.28

Abstract

Media online saat ini menjadi lebih digemari dibandingkan dengan  media konvesional karena kecepatan, kemudahan dalam mengaksesnya dan informasi yang diberikan selalu baru. Dalam pemberitaannya, selalu dipengaruhi oleh ideologi, kekuasaan dan kepentingan pemilik media. Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  bagaimana  suatu  media  membingkai  dan mengkonstruksikan realitas berita mengenai isu Saracen di republika.co.id dan kompas.com yang digunakan dalam penelitian adalah framing milik Robert Entman yang berfokus pada bagaimana medefinisikan suatu masalah, apa/siapa penyebab masalah, keputusan moral apa yang terdapat  dalam  berita  tersebut  dan  apa  penyelesaian  yang  ditwarkan  oleh  wartawan.  Hasil  dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam mengkonstruksi dan membingkai isu Saracen baik di republika.co.id dan kompas.com memiliki kesan yang berbeda. Dimana Republika co.id cenderung berhati-hati bahwa isu Saracen akan memecah belah bangsa namun berbeda kompas.com yang mana meminta presiden Jokowi menangkap dan menghukum pelaku isu Saracen karena telah memecah belah bangsa
EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN LATIHAN TERBIMBING MENGGUNAKAN MEDIA BERITA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS NASKAH DRAMA (Studi Kuasi Eksperimen pada Mahasiswa STKIP Siliwangi Bandung Tahun Akademik 2013-2014) Permana, Aditya; Widayat, Rahmat
Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) Vol 1, No 1 (2018): Volume 1 Nomor 1, Januari 2018
Publisher : IKIP Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22460/p.v1i1p1-16.23

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terbatasnya kemampuan mahasiswa dalam menulis naskah drama serta  kurang kreatifnya pemilih bahan ajar, penggunaan metode, dan media pembelajaran. Adapun rumusan masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah apakah metode pembelajaran latihan terbimbing menggunakan media berita efektif dalam pembelajaran menulis naskah pada mahasiswa semester IV STKIP Siliwangi Bandung tahun akademik 2013-2014? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas metode Pembelajaran Latihan Terbimbing menggunakan Media Berita dalam pembelajaran menulis naskah drama pada mahasiswa semester IV STKIP Siliwangi Bandung tahun akademik 2013-2014. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan desain pretest-postest control group design. Eksperimen dilakukan terhadap dua kelompok yaitu kelompok eksperimen yang pembelajarannya menggunakan Metode Latihan Terbimbing menggunakan media berita dengan kelompok kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Kedua kelompok tersebut diberi pengajaran yang sesuai dengan penelitian tersebut dan dalam waktu-waktu tertentu diberikan tes, baik yang berupa tes awal (pre-test) maupun teRakhir (post-test). Setelah proses pembelajaran selesai, peneliti membandingkan hasil belajar dari kedua kelompok tersebut. Uji Mann-Whitney digunakan penulis untuk menghiung rata-rata nilai pratest dan  rata-rata nilai pascates. Temuan penelitian adalah metode pembelajaran latihan terbimbing menggunakan media berita efektif diterapkan dalam pembelajaran menulis naskah drama pada pada mahasiswa semester IV STKIP Siliwangi Bandung. Hal ini dapat dibuktikan  dari nilai rata-rata tes akhir pada kelas kontrol dan kelas eksperimen, yakni nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 81,15 sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 77,83. Selain itu, keefektifan dapat dilihat dari hasil uji t yang menunjukan bahwa nilai z hitung > z table, yakni 6,10015 > 1,96.  Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode latihan terbimbing menggunakan media berita lebih efektif dalam meningkatkan prestasi belajar mahasiswa dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional.

Page 1 of 1 | Total Record : 2


Filter by Year

2018 2018


Filter By Issues
All Issue Vol 6, No 1 (2023): VOLUME 6 NOMOR 1, JANUARI 2023 Vol 5, No 6 (2022): VOLUME 5 NOMOR 6, NOVEMBER 2022 Vol 5, No 5 (2022): VOLUME 5 NOMOR 5, SEPTEMBER 2022 Vol 5, No 4 (2022): VOLUME 5 NOMOR 4, JULI 2022 Vol 5, No 3 (2022): VOLUME 5 NOMOR 3, MEI 2022 Vol 5, No 2 (2022): VOLUME 5 NOMOR 2, MARET 2022 Vol 5, No 1 (2022): VOLUME 5 NOMOR 1, JANUARI 2022 Vol 4, No 6 (2021): VOLUME 4 NOMOR 6, NOVEMBER 2021 Vol 4, No 5 (2021): VOLUME 4 NOMOR 5, SEPTEMBER 2021 Vol 4, No 4 (2021): VOLUME 4 NOMOR 4, JULI 2021 Vol 4, No 3 (2021): VOLUME 4 NOMOR 3, MEI 2021 Vol 4, No 2 (2021): VOLUME 4 NOMOR 2, MARET 2021 Vol 4, No 1 (2021): VOLUME 4 NOMOR 1, JANUARI 2021 Vol 3, No 6 (2020): VOLUME 3 NOMOR 6, NOVEMBER 2020 Vol 3, No 5 (2020): VOLUME 3 NOMOR 5 , SEPTEMBER 2020 Vol 3, No 4 (2020): VOLUME 3 NOMOR 4 , JULI 2020 Vol 3, No 3 (2020): VOLUME 3 NOMOR 3, MEI 2020 Vol 3, No 2 (2020): VOLUME 3 NOMOR 2, MARET 2020 Vol 3, No 1 (2020): VOLUME 3 NOMOR 1, JANUARI 2020 Vol 2, No 6 (2019): VOLUME 2 NOMOR 6, November 2019 Vol 2, No 5 (2019): VOLUME 2 NOMOR 5, September 2019 Vol 2, No 4 (2019): VOLUME 2 NOMOR 4, Juli 2019 Vol 2, No 3 (2019): VOLUME 2 NOMOR 3, Mei 2019 Vol 2, No 2 (2019): VOLUME 2 NOMOR 2, MARET 2019 Vol 2, No 1 (2019): VOLUME 2 NOMOR 1, JANUARI 2019 Vol 1, No 6 (2018): Volume 1 Nomor 6, November 2018 Vol 1, No 5 (2018): Volume 1 Nomor 5, September 2018 Vol 1, No 4 (2018): Volume 1 Nomor 4, Juli 2018 Vol 1, No 3 (2018): Volume 1 Nomor 3, Mei 2018 Vol 1, No 2 (2018): Volume 1 Nomor 2, Maret 2018 Vol 1, No 1 (2018): Volume 1 Nomor 1, Januari 2018 Vol 1, No 1 (2018): Volume 1 Nomor 1, Januari 2018 More Issue